Jual Genset Cummins Murah
general admin  

Tips Meningkatkan Hasil untuk Pelaku Usaha Agricultur

Agricultur atau Pertanian adalah salah satu sektor pencaharian yang terbesar di Indonesia. Dalam mengembangkan produksi agriculture, mereka tidak bisa bekerja sendirian, beberapa pihak yang Jual Genset Cummins Murah seperti GCP Powerindo memiliki peran yang cukup penting, dan tentu saja akan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan aktifitas yang dilakukan.

Peluang usaha dibidang agricultur cukup sangat menjanjikan apabila dikelola dengan cara yang tepat. Namun sayangnya, masih banyak petani yang belum paham bagaimana baiknya mengelola tanah hingga perlengkapan yang dapat meningkatkan hasil dari pertaniannya.

 

Tips Cuan Meningkatkan Hasil Usaha Agricultur

Dibawah ini adalah 5 tips agar usaha agricultur menghasilkan cuan.

1. Adaptif

Seorang petani harus memahami keadaan lingkungan untuk menyesuaikan tanaman apa yang akan ditanam. Perubahan minat masyarakat juga turut menjadi penilaian tentang jenis tanaman apa yang akan ditanam lebih banyak.

 

Berkaca dari adanya jasa antar barang, konsumen mulai banyak yang beralih pada jasa antar barang. Petani bisa membuat ide jasa antar sayuran untuk daerah-daerah yang bisa dijangkau. Selain itu, jika minat masyarakat pada bahan makanan berupa nasi, maka petani harus menanam padi lebih banyak.

 

Dan jika di era pandemi ini konsumen mulai beralih ke makanan sehat, petani bisa menyisihkan Sebagian dari tanah untuk menanam sayuran.

 

2. Memakai Pompa Listrik

Penggunaan pompa listrik ini terbukti lebih hemat dibandingkan pompa diesel, beberapa sumber menyebutkan bahwa penghematan mencapai 60%. Terbukti dengan adanya pompa diesel listrik, petani yang awalnya hanya mengandalkan solar atau bahkan air hujan, setelah pemasangan pompa, panen meningkat dari yang hanya 2 kali menjadi 3 kali setahun.

 

Pompa listrik menggunakan listrik sebagai energi utamanya. Namun listrik bagi pertanian juga mungkin akan padam sewaktu-waktu. Dalam antisipasi pemadaman listrik, genset sebaiknya digunakan oleh petani agar pengairan sawah tetap berjalan lancar.

 

 

3. Ekspor Hasil Pertanian

Sebuah pencapaian yang besar jika petani bisa melakukan ekspor pada hasil taninya. Peluang ini memang sangat efektif untuk menghasilkan cuan. Sebelum melakukan ekspor, petani sebaiknya mengetahui kualitas produk dan bagaimana cara budidaya yang efektif.

 

Sudah banyak hasil pertanian Indonesia yang diekspor ke mancanegara seperti kopi, buncis, padi, dan juga coklat. Keberhasilan dari ekspor juga tergantung bagaimana kualitas budidaya dan prospek pasar yang dituju.

 

4. Kolaborasi

Petani perlu bekerjasama atau berkolaborasi dengan pihak lain untuk membuat hasil pertaniannya menjadi lebih dikenal. Hal ini juga dilakukan, agar memudahkan petani untuk mengetahui perkembangan-perkembangan terkait dunia agricultur.

 

Bekerjasama dengan pihak Desa, Usaha Mikro Masyarakat, Toko, Logistik, ataupun Praktisi Kesehatan akan membantu petani untuk lebih memahami strategi pasar.

 

5. Membuka Kios

Selain menjual hasil pertanian kepada distributor, petani juga bisa membuat kiosnya sendiri. Petani bisa memiliki kios sayuran yang segar dengan aneka macam pilihan produk. Dengan sayuran yang masih segar dan bagus, tentu saja konsumen akan lebih semangat berbelanja.

 

Jadi sudah siapkah kamu untuk menghaslilkan lebih banyak dari agricultur? Jangan sampai lewatkan 5 tips diatas ya.

 

Leave A Comment