Crowdfunding
Tips & Share admin  

Mengenal Crowdfunding Dan Cara Kerjanya

Jika kamu saat ini berkecimpung dalam dunia bisnis, pastinya ada banyak ide kreatif yang kamu miliki agar dapat meningkatkan produktivitas pada usaha yang kamu jalankan. Tapi ide tanpa modal adalah sesuatu yang sia-sia. Modal bisa dikatakan pondasinya bisnis. Jika pondasinya saja tidak kuat, bagaimana pondasi tersebut bisa menopang segala isi di dalamnya dengan baik. Karena itu sangat penting bagi pelaku usaha yang ingin memajukan bisnis atau usahanya untuk memiliki modal.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan saat ini adalah meminjam modal usaha. Kamu bisa meminjamnya melalui bank, atau jalur pinjaman lain seperti crowdfunding atau urun dana. Jadi untuk kamu yang memilih sistem permodalan melalui metode urun dana, kamu harus tahu jika dananya nanti berasal dari beberapa pemilik dana. Jadi dana dikumpulkan menggunakan sebuah platform dan akan diberikan untuk pelaku usaha yang dianggap memiliki usaha dengan prospek yang bagus dan menjanjikan.

Alternatif permodalan ini dimanfaatkan banyak pelaku usaha terutama mereka yang masih pemula. Jika kamu tertarik, kamu harus melakukan beberapa hal dulu supaya mendapatkan dana pinjaman melalui platform crowdfunding Indonesia:

  1. Menyiapkan Proposal Bisnis

Pertama, kamu harus siapkan dulu proposal bisnis yang akan kamu ajukan nanti. Tapi kamu harus pastikan jika proposal yang dibuat adalah proposal yang interaktif, menarik dan informatif. Proposal yang informatif biasanya akan lebih mudah diterima jadi untuk kamu yang ingin mendapatkan tambahan modal bisa buat dulu proposal bisnis milikmu dengan baik.

  1. Daftarkan Diri

Kedua, kamu harus daftarkan diri ke platform resmi dan terpercaya. Kamu harus pastikan jika platform permodalan yang kamu pilih memiliki regulasi resmi supaya semua transaksi yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lebih aman.

  1. Pantau Terus Perkembangannya

Jika kamu sudah mengajukan proposal, kamu harus unggah proposal tersebut dan selalu pantau bagaimana perkembangannya. Karena biasanya ada pemilik dana yang akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait usaha atau bisnis yang kamu miliki. Jangan pernah berikan jawaban yang terlalu berlebihan. Jawab saja dengan jawaban yang padat, jelas dan singkat.

Ini dilakukan supaya pemilik modal tertarik dan kemudian yakin untuk menanamkan modalnya pada bisnis kamu nanti.

Selain itu, kamu juga harus tahu jika sistem permodalan yang seperti ini punya banyak manfaat salah satunya adalah memberikan kesempatan bagi pelaku usaha dalam memperkenalkan bisnisnya. Jadi kamu tidak harus melakukan pemasaran secara berlebihan karena lewat platform ini, bisnis kamu akan semakin dikenali.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin membantu mengembangkan usaha-usaha yang masih kecil dan menengah, P2P Lending dari Amartha adalah solusinya. Amartha adalah platform pendanaan dengan bunga hingga 15% di tiap tahunnya. Dan Amartha memiliki sistem pendanaan secara berkelompok atau equity crowdfunding yang dapat memperkuat hubungan antara mitra dan pendana. Jadi segera daftarkan diri dan gabung bersama Amartha sekarang juga.

 

Leave A Comment