general admin  

6 Jenis Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Tidur Setelah Makan Sahur

Sahur adalah satu rangkaian ibadah di bulan puasa adalah. Memang sahur ini hukumnya sunnah alias tidak wajib, namun sebaiknya anda melakukan sahur terlebih dahulu saat hendak berpuasa. Sebab dalam sahur terdapat pahala dan keberkahan di dalamnya.

Namun, sebaiknya kita hindari tidur setelah sahur. Pasalnya, hal ini akan berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Berikut 6 jenis penyakit yang bisa timbul akibat tidur setelah makan sahur:

1.Kualitas Tidur Terganggu

Hati-hati bagi anda yang suka makan sahurnya dengan makanan yang berlemak terus langsung tidur. Pasalnya, hal ini akan membuat kualitas tidur anda terganggu. Memang biasanya kita akan merasa ngantuk setelah makan. Namun, akan timbul perasaan tidak enak atau gelisah sehingga tidur anda menjadi tidak nyenyak.

Kondisi ini disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan berlemak. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan yang berlemak ketika makan sahur seperti daging dan gorengan.

 

2.Penyakit Kardiovaskular

Perlu diketahui bahwa makan besar dan langsung tidur dalam waktu kurang dari 2 jam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung empat kali lebih besar. Hal ini dikarenakan tekanan darah bisa naik sepanjang malam sehingga menyebabkan hipertensi.

Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut makan bisa menyebabkan penyakit kardiovakular, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, stroke, hingga kematian.

 

3.GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam disebabkan oleh gangguan pada otot katup antara lambung dan kerongkongan yang disebut lower esophageal sphincter.

Biasanya GERD akan dirasakan jika habis makan langsung tidur lagi. Hal ini dikarenakan proses mencerna makanan pada tubuh belum selesai sehingga kembali naik ke kerongkongan. Selama berlangsungnya proses mencernakan makanan ini idealnya tubuh harus dalam keadaan posisi tegak.

Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan sahur tapi menunggu dulu sekitar 3 jam supaya makanan di dalam tubuh dapat dicerna dengan baik.

 

4.Berat Badan Naik

Logikanya ketika menjalankan puasa selama bulan Ramadhan berat badan akan menurun. Namun, kenyataannya justru berat badan semakin bertambah, bisa jadi hal ini penyebabnya adalah suka langsung tidur setelah makan sahur.

Hal ini dikarenakan kalori yang masuk akan disimpan menjadi lemak. Jika kebiasaan tidur setelah sahur ini dilakukan dalam jangka panjang, maka lemak di dalam tubuh pun akan semakin menumpuk. Apalagi menu sahur yang dikonsumsi tinggi akan kandungan lemak dan karbohidrat.

penyebab lainnya adalah grelin yakni hormon yang menimbulkan rasa lapar. Ketika sedang tidur, tubuh anda akan memproduksi lebih banyak grelin sehingga anda akan merasakan lapar saat bangun tidur.  Alhasil, anda akan cenderung makan lebih banyak saat berbuka puasa. Jika hal ini berlarut-larut, tentunya berat badan anda pun akan naik.

 

5.Asam Lambung

Asam Lambung merupakan jenis penyakit yang umum sering terjadi. Gangguan pencernaa ini biasanya muncul lantaran telat makan. Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, asam lambung bisa menjadi semakin parah keadaannya, oleh karena itu jangan dianggap remeh.

Kondisinya akan semakin parah jika anda memiliki kebiasaan tidur setelah sahur. Sebab, pada kondisi tersebut sistem pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik.

Dengan begitu, lambung akan meningkatkan produksi asam lambung guna mempercepat prosesnya.

Gejala asam lambung meliputi: perut mulas, nyeri ulu hati, dan sensasi panas perih pada dada hingga tenggorokan.

 

6.Sembelit

Perlu diketahui bahwa lambung membutuhkan waktu sedikitnya 2-3 jam setelah makan untuk mengosongkan dari makanan. Proses ini bisa terhambat jika anda langsung tidur setelah makan sahur. Jika kondisi ini dibiakan, maka anda akan mengalami sembelit (susah buang air besar).

Untuk mencegah kondisi tersebut, sebaiknya anda hindari makan sahur dengan makanan tinggi lemak, gula, dan kafein. Sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran supaya pencernaan lancar.

 

 

 

 

Leave A Comment